Apa Itu Docker

1 min read

Pada kelas ini, akan membahas mengenai sebuah Docker. Mungkin kamu sedikit bingung apa itu sebenarnya Docker ?

1. Apa Itu Docker

Docker merupakan sebuah platform terbuka untuk mengembangkan, mengirim, dan menjalankan aplikasi.

Docker ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman Go dan memanfaatkan beberapa fitur kernel Linux untuk menghadirkan fungsionalitasnya. Teknologi Docker Container diluncurkan pada tahun 2013 sebagai mesin Docker open source.

Docker memungkinkan kamu dapat memisahkan aplikasi dari infrastruktur yang kamu gunakan sehingga kamu dapat mengirimkan perangkat lunak dengan cepat.

Jika kamu menggunakan Docker, kamu dapat mengelola infrastruktur kamu dengan cara yang sama seperti kamu mengelola aplikasi kamu sendiri.

Docker juga menyediakan kemampuan untuk mengemas dan menjalankan aplikasi di lingkungan yang terisolasi secara longgar yang disebut Container.

2. Docker Engine

Docker engine merupakan aplikasi client-server dengan komponen utama sebagai berikut :

 

  • Server yang merupakan jenis program yang berjalan lama disebut proses daemon perintah :

 

dockerd
  • REST API yang menentukan interface yang dapat digunakan program untuk berbicara dengan daemon dan menginstruksikan apa yang harus dilakukan
  • Command Line Interface (CLI) client perintah :
    docker

Berikut merupakan gambaran Docker Engine :

docker-engine

3. Arsitektur Docker

Docker menggunakan arsitektur client-server. Client Docker berbicara dengan daemon Docker yang melakukan pekerjaan berat membangun, menjalankan dan mendistribusikan Container Docker kamu.

Client Docker dan daemon berkomunikasi menggunakan REST API, melalui soket UNIX atau interface jaringan.

Berikut merupakan arsitektur Docker :

arsitektur-docker

a. Docker Daemon

Docker Daemon perintah :

dockerd

dapat mendengarkan permintaan Docker API dan mengelola objek Docker seperti gambar, Container, jaringan, dan volume. Daemon juga dapat berkomunikasi dengan daemon lain untuk mengelola layanan Docker.

b. Docker Client

Docker Client merupakan tempat banyak pengguna berinteraksi dengan Docker. Saat kamu menggunakan perintah seperti :

docker run

Client mengirimkan perintah ini ke :

dockerd

yang menjalankannya. Perintah Docker juga menggunakan Docker API dan Docker Client dapat berkomunikasi dengan lebih dari satu daemon.

c. Docker Registries

Docker registri merupakan tempat menyimpan image Docker. Docker Hub adalah sebuah registri publik yang dapat digunakan siapa saja, dan Docker dikonfigurasi untuk mencari gambar di Docker Hub secara default dan juga kamu dapat menjalankan registri pribadi.

Ketika kamu menggunakan perintah :

docker pull

docker run

gambar yang diperlukan akan ditarik dari registri yang dikonfigurasi. Saat kamu menggunakan perintah :

docker push

maka gambar anda akan di dorong ke registri yang dikonfigurasi.

d. Docker Object

Ketika kamu menggunakan Docker, kamu akan membuat dan menggunakan gambar, Container, jaringan, volume, plugin dan objek lainnya. Berikut merupakan gambaran singkat dari beberapa objek :

Images

Images merupakan sebuah template yang hanya dibaca dengan instruksi untuk membuat Container Docker. Kamu juga dapat membuat image sendiri atau mungkin kamu hanya dapat menggunakan image yang sudah dibuat oleh orang lain.

Untuk dapat membangun image kamu sendiri, kamu dapat membuat Dockerfile dengan sintaks sederhana untuk menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat image dan menjalankannya.

Containers

Containers merupakan sebuah instance image yang dapat dijalankan. Kamu dapat membuat, memulai, menghentikan, memindahkan atau menghapus Container dengan menggunakan Docker API atau CLI.

Secara default, Container diisolasi dengan baik dari Container lain dan mesin hostnya. Kamu juga dapat mengontrol seberapa terisolasi network Container, penyimpanan, atau subsistem dasar lainnya dari Container lain atau dari mesin host.

Nah, itu merupakan penjelasan mengenai Docker. Semoga bermanfaat

Apa Itu Kubernetes

Zuhair Yahya
45 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *